Mengusir Nyamuk Yang Ada disekitar Rumah

kecombrang untuk mengusir nyamuk

Meskipun memiliki ukuran yang kecil tapi nyamuk dapat menularkan berbagai penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah dan sebagainya. Memang banyak metode praktis yang dapat digunakan untuk mengusir hewan kecil yang satu ini, namun diataranya menggunakan campurna bahan kimia yang dapat membahayakan kita sendiri apabila selalu digunakan terus menerus dan dengan cara yang kurang tepat. Beberapa metode yang sering digunakan dalam mengusir nyamuk adalah menggunakan obat nyamuk entah semprot maupun bakar, meletakkan serai diberbagai ruangan, menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah, mengoleskan minyak telon anti nyamuk pada bayi dan lain sebagainya. Dalam artikel kali ini kami akan membahas bagaimana mengusir nyamuk dengan berbagai tanaman berikut.

Kecombrang

Kecombrang mempunyai nama lain yaitu kantan dan honje. Tanaman ini adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Para ibu-ibu biasanya memanfaatkan bagian biji, buah dan bunga dalam tanaman ini sebagai bahan masakan.  Hal ini karena kecombrang dapat dijadikan rempah dalam berbagai makasakan seperti sambal dan pepes. Disisi lain tanaman ini juga cocok apabila dijadikan sebagai tanaman hias. Selain warnanya yang apik, tanaman ini juga dapat mencegah nyamuk berkeliaran di rumah anda.

Rosemary

Tidak sekedar menjadi tanaman hias saja, aromanya yang mirip dengan minyak kayu putih menjadikan rosemary bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Bahkan anda juga bisa mengoleskannya ke bagian kulit anda agar nyamuk tidak berani mendekati anda. Untuk penanamannya sendiri rosemary bisa ditanam ditanah langsung maupun dalam media pot. Pastikan juga tanaman ini memperoleh cahaya dan air yang cukup agar dapat berkembang dengan baik.

Lavender

Bunga yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, baunya yang khas dan bisa bikin rileks membuat lavender sering digunakan sebagai aroma terapi. Tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk. Karena itulah banyak produk-produk anti nyamuk yang mengunakan ekstrak lavender seperti lotion, obat nyamuk bakar dan lain sebaginya.

Apabila anda terkendala karena tidak memiliki halaman rumah yang cukup luas, anda tetap bisa mengusir nyamuk secara alami dengan mengunakan serai, kulit jeruk dan lainnya yang dipotong – potong kemudian di taruh di berberapa ruangan yang menjadi sarang nyamuk atau ruangan yang sering anda gunakan sekeluarga seperti kamar tidur, ruang santai, ruang makan dan lain sebagainya. Apabila anda memiliki bayi anda bisa memberikannya minyak telon anti nyamuk, namun untuk menghindari alergi, anda harus pintar-pintar memilih minyak telon untuk bayi kulit sensitif. Baiknya anda membalurkan sedikit terlebih dahulu, baru kemudian apabila tidak muncul reaksai alergi anda bisa melanjutkan untuk membalurkannya ke tubuh bayi anda.