Pemilihan Pagar untuk semua Tipe Rumah

Rumah yang indah dan modern tentunya akan terasa kurang menarik jika tidak dilengkapi pagar. Selain untuk memperindah tampilan rumah, pagar juga bermanfaat sebagai pengaman dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan pencurian, serangan binatang, hingga batu yang terlempar. Maka dari itu, fungsi pagar sangatlah penting untuk keamanan dan juga kenyamanan suatu rumah. Maka dari itu, jangan asal memilih pagar rumah karena bentuk sebuah pagar dapat mempengaruhi tampilan rumah hamper secara keseluruhannya.

Pagar rumah memiliki banyak sekali jenis dan juga bentuk yang beragam dan terbuat dari berbagai macam bahan baku.  Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tips untuk memilih pagar rumah yang sesuai untuk semua tipe rumah :

Pemilihan Pagar untuk Semua Tipe Rumah

Menentukan Desain Pagar

Memilih desain pagar yang sesuai dengan desain rumah merupakan satu hal yang wajib. Dengan begitu maka tampilan pagar dengan tampilan rumah anda akan terlihat lebih serasi. Pagar merupakan bagian dari eksterior rumah dan merupakan bagian rumah yang pertama kali dilihat dari luar. Maka dari itu, jika tampilan pagarnya menarik maka bisa dibilang tampilan rumahnya juga akan terlihat menarik.

Material Pagar

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bahan dasar atau material pagar. Beberapa material pagar yang seringkali digunakan adalah besi, kayu, cor, stainless, dan juga batu hias. Namun, supaya material pagarnya ini memiliki warna yang tajam maka anda bisa menggunakan cat khusus sesuai dengan materialnya.

Bentuk Pagar

Setiap desain rumah pasti memiliki bentuk pagar yang berbeda-beda. Ada pagar yang memiliki bentuk ukiran garis horizontal ataupun vertical, biasanya pagar ini digunakan oleh rumah dengan tipe minimalis. Kemudian ada juga pagar dengan bentuk menyerupai hewan dan ornament yang biasanya digunakan oleh rumah dengan tipe mewah. Sedangkan, untuk rumah mungil biasanya menggunakan pagar dengan bentuk yang standar.

Ukuran Pagar

Pagar yang bagus tentunya memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran rumahnya. Jika rumah anda memiliki ukuran lahan bangunan yang tidak terlalu luas serta bangunan yang tidak terlalu tinggi maka anda bisa memilih pagar dengan ukuran 1,5 meter kebawah. Sedangkan untuk anda yang memiliki rumah yang mewah maka anda bisa memilih pagar dengan ukuran 1,5 meter keatas.

Warna Pagar

Supaya pagar yang anda miliki terlihat lebih menarik, maka anda bisa memberikan warna cat pada bagian pagarnya sesuai dengan materialnya. Misalkan, material pagar rumah anda terbuat dari kayu maka pergunakanlah cat khusus kayu. Untuk tipe rumah yang minimalis menggunakan cat berwarna lembuat seperti abu-abu, sedangkan untuk rumah yang mewah menggunakan warna cat yang agak terang seperti putih, coklat, gold, dan lainnya.

Pemilihan pagar untuk semua tipe rumah sebaiknya juga disesuaikan dengan keinginan si pemilik ruma supaya lebih “sreg” di hati.